Uncategorized

Main ke Google’s Asia-Pacific Headquarters

August 4, 2018
OK Google!

Siapa sih yang gak kenal Google? Perusahaan yang bergerak di bidang Search Engine ini hadir di hampir semua lini kehidupan kita, terutama kalau hidup kita bergantung dengan internet. Mau nyari alamat? Google. Nyari gejala penyakit X? Google. Apa saja, cari di Mbah Google! Bahkan ada idiom, kalau sesuatu yang kamu cari gak tertera di Google, berarti sesuatu itu gak pernah ada. Nah, awal Juli lalu saya berkesempatan main ke kantor Google Asia Pacific yang ada di Singapura.

Kantor Google Asia Pasific ini terletak di Mappletree Business City, semacam komplek perkantoran gede gitu di daerah Pasir Panjang Road. Saya berkunjung ke Google Asia Pacific disupport Konsulat Jendral Amerika Serikat di Surabaya (Thanks! ^^), kebetulan ada kerjasama dengan kantor tempat saya bekerja. Kegiatan yang saya lakukan di Google juga berkaitan dengan pekerjaan saya sebagai jurnalis di portal berita online, yaitu Cara Menangkal dan Menangani HOAX dan Berita Bohong.

Acara selama 2 hari ini cukup seru. Pemateri dari Google dan Storyful menjelaskan dengan detail dan rinci penggunaan tools dan cara mereka mengenali dan menangkal HOAX x Berita Bohong. Peserta yang juga berasal dari media-media terkemuka dari negara-negara Asia Pacific juga bertukar cerita tentang berita HOAX yang mereka temui di negaranya masing-masing. Ternyata, berita HOAX di Indonesia sama saja cara penyebarannya dengan di India, Mongolia, Australia, dan beberapa negara lainnya. Lewat WhatsApp, dan atau Facebook. Masih menjadi favorit penyebaran berita sampah di negara tersebut lho hehe.

Selain materi yang oke, kantornya Google Asia Pacific ini kece badai rek. Fasilitas keren yang aku lihat diantaranya, tempat makan ala buffet di setiap lantai. Gak hanya 1 lho, tapi ada beberapa lokasi di satu lantai. Entah apa karyawan Google ini pemakan segala atau gimana ya, tapi dijamin gak lapar kalau kerja disini hehe. Terus ad kulkas gede banget kaya yang biasa kita lihat di minimarket gitu, di pojokan penuh air mineral botol. Selain itu ada game machine alias dingdong, permainan basket kaya di timezone, dan meja biliar. Nyaman kan.

Desain interior ruangannya pun gak kaku. Warna-warna Google, biru, merah, orange, hijau, pink, mendominasi. Ada penelitian (embuh sopo sing neliti) bilang, warna warna cerah bisa merangsang kreativitas otak. Mungkin ada benernya ya, kalau orang di dalamnya gak kreatif, tentu Google gak akan bisa segede dan sesukses sekarang.

Konsep ruang kerjanya pun open space, jadi lebih mirip kafe. Ditambah tempat buffet yang buanyak banget tadi, jadi lebih mirip kafetaria daripada tempat kerja. Ada sih beberapa ruangan yang masih “tradisional” dengan meja kursi monitor, tapi hanya sedikit dan ini mungkin dipake buat meeting atau presentasi saja.

Kapan ya kantor di Surabaya jadi kaya gitu hmmm.

NB: Intip fotonya di bawah ya, kalau tulisan tok kan gak menarik hehe.

Tempat Makan di Google Asia Pacifc
Tempat Makan di Google Asia Pacifc
Ruang Kerja x Ruang Makan di Google Asia Pacific
Tempat Makan di Google Asia Pacifc
Tempat Makan di Google Asia Pacifc
Suasana Luar Kantor Google Asia Pacific
Suasana Luar Jendela Kantor Google Asia Pacific
Salah Satu Sudut di Google Asia Pacific
Salah Satu Sudut di Google Asia Pacific

You Might Also Like

1 Comment

  • Reply Rizky Almira November 6, 2018 at 7:46 AM

    Mantul. Pake blogspot to, Pram? Kok nggak bisa follow blog U

  • Leave a Reply