Pandangan

Ragam Investasi Untuk Pemula

August 8, 2019
Investasi
Investasi

Investasi menjadi hal yang penting bagi siapapun. Orang kaya pun masih butuh investasi lho. Investasi bertujuan untuk melindungi asetnya dari penurunan nilai yang bisa terjadi karena inflasi. Nah, yang kaya aja butuh .. apalagi saya ya wkwk.

Investasi pertama saya dimulai dari beberapa tahun lalu, saat saya berkenalan dengan dunia reksadana. Saya menyimpan tabungan saya dalam bentuk reksadana karena saya sadar kebutuhan yang semakin meningkat imbas perkembangan zaman.

Mengandalkan gaji yang diterima tiap bulannya mungkin saja cukup, tapi terkadang pos tabungan yang saya siapkan malah terpakai untuk kebutuhan lain yang sifatnya bukjan darurat. Sehingga berinvestasi menjadi pilihan saya untuk mendayagunakan uang yang saya miliki.

Apa sih Investasi itu? Jadi bahasa gampangnya nih, investasi adalah menanam modal yang kita punya dengan harapan nanti bisa mendapatkan hasil yang lebih besar di masa depan. Investasi penting dan harusnya dilakukan sejak awal, gausah nunggu-nunggu lagi.

Jadi kebutuhan seperti dana pendidikan, dana saat sakit, dana pensiun, atau dana jalan-jalan keliling dunia pun bisa disiapkan dari awal. Jadi selain melindungi aset yang kita punya dari inflasi, juga merupakan persiapan dana untuk kebutuhan di masa depan. Sehingga kamu tidak perlu bingung saat ada kebutuhan mendadak dengan jumlah yang cukup besar.

Investasi ada bermacam jenisnya. Mulai Tabungan berjangka sampai reksadana. Berikut beberapa jenis investasi yang cocok untuk kamu yang baru memulai berinvestasi ..

  1. Emas
    Bagi kamu yang memiliki dana yang belum akan terpakai dalam waktu dekat, investasi dalam bentuk emas merupakan pilihan yang cocok. Investasi emas cocok untuk investasi jangka panjang, karena perubahan grafik harganya tidak drastis berubah dalam waktu yang singkat. Investasi Emas bisa kamu lakukan tidak hanya membeli secara fisik, tetapi juga membeli online lewat beberapa ecommerce di Indonesia.
  2. Reksadana
    Modal awal yang disetorkan di reksa dana akan dikelola oleh seorang manajer investasi. Di mana modal yang kamu investasikan akan disebar pada beberapa produk yang berbeda. Pastikan kamu memilih perusahaan investasi yang tepat sejak awal ya. Beli dimana? Lagi-lagi beberapa ecommerce juga menyediakan reksadana sebagai bagian dari produk mereka lho.
  3. Peer to Peer Lending
    Peer to Peer Lending atau P2P Lending adalah salah satu investasi yang sedang populer. Hal ini wajar karena modal awal yang dikeluarkan lumayan ringan. Dalam sistemnya, kamu akan bertindak sebagai pihak yang meminjamkan modal pada pihak lain, seperti UKM dalam platform tertentu.
  4. Forex
    Investasi mata uang asing bisa sangat menguntungkan jika kamu bisa memilih mata uang mana yang dijadikan instrumen investasi. Beberapa mata uang yang bisa jadi pilihan adalah Dollar Amerika, Euro, Poundsterling, dan Yen
  5. Deposito
    Investasi dalam bentuk deposito bisa dijadikan pilihan bagi pemula. Bunga yang lebih tinggi daripada tabungan simpanan biasa jadi salah satu daya tarik dari Deposito. Kamu juga tidak perlu repot untuk mengelolanya, karena bunga yang didapatkan stabil.

Itu beberapa jenis investasi yang bisa kamu pilih. Ingat ya, pemilihan investasi juga harus didasarkan pada pengetahuan investor pada risiko dari sarana investasi yang ada ya. Gampangnya, semakin tinggi profit yang ditawarkan, pasti risikonya juga semakin tinggi hehe. Jadi jangan sampai salah pilih dimana modal kamu akan diinvestasikan ya rek.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply