Uncategorized

Selamat Pensiun, iTunes

June 4, 2019
iTunes
iTunes

Apple akhirnya resmi memensiunkan iTunes. Selanjutnya, iTunes akan digantikan oleh tiga aplikasi terpisah, yakni Music, TV, dan Podcast. Pengumuman penghentian iTunes dibuat Apple di ajang konferensi tahunan Apple Worldwide Developer Congress (WWDC) pada Senin (3/6/2019). 

Langkah ini diambil Apple sejalan dengan rencana menyelaraskan macOS (PC/laptop) dengan iOS (mobile). Selain itu, aplikasi terpisah ini juga meningkatkan layanan eksisting Apple, seperti Apple Music dan Apple TV Plus yang akan datang. 

iTunes dikenalkan sekitar 18 tahun yang lalu pada 2001. Awalnya, iTunes berfungsi sebagai aplikasi pemutar media dan library. Namun seiring tahun, peranannya semakin ditambah.

Saat iPod dikenalkan, iTunes menjadi aplikasi untuk mengatur dan mensinkronisasi musik. Kemudian pada 2007, saat iPhone dikenalkan, tugas itunes bertambah menjadi aplikasi untuk melakukan update, sinkronisasi, dan mengatur file-file di iPhone.

Kemudian pada 2007, saat iPhone dikenalkan, tugas itunes bertambah menjadi aplikasi untuk melakukan update, sinkronisasi, dan mengatur file-file di iPhone. 

Di dunia daring, konten iTunes di Facebook terakhir kali tayang pada akhir Mei 2019. Konten yang sebelumnya ada juga berpindah ke laman Facebook Apple TV. Like dan konten-konten lain yang dibuat sejak 2009 juga berpindah.

Akun Instagram iTunes juga 11 12 dengan akun Facebooknya. Bukannya menampilkan konten seperti biasa, akun tersebut mengarahkan pengguna untuk mengikuti akun milik Apple TV

iTunes
iTunes

Sedangkan di akun twitter milik iTunes, belum ada perubahan konten yang ada. Perubahan pada media sosial iTunes menguatkan rumor bahwa Apple akan mengganti iTunes dengan aplikasi musik, TV, dan podcast sendiri (standalone)

Apple sepertinya sedang memproses pemindahan tautan iTunes ke tautan spesifik sesuai kategorinya, seperti apps.apple.com, podcast.apple.com, tv.apple.com, movie.apple.com, dan books.apple.com.

Beberapa tautan diketahui sudah aktif seperti podcast, tapi ada juga beberapa tautan lain yang masih belum siap. Belum diketahui apakah perubahan ini turut berdampak pada pembelian musik, film, atau serial TV yang sebelumnya bisa dilakukan di iTunes atau tidak.

Selama ini, pengguna iOS memang kerap mengeluhkan iTunes yang terlalu gemuk. Sebab, Apple memasang banyak fitur ke dalam iTunes ini. Perpindahan iTunes ke aplikasi standalone Apple yang baru kemungkinan akan berlangsung bertahap.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply